Tahuna – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Drs. H Mohamad Nasir, Msi, Akt, Ph.D, Sabtu (6/12/2014) meresmikan Gedung Perkuliahan dan Kantor Pusat Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) di Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama Polnustar dan penguntingan pita dimulainya aktifitas di gedung yang dibangun oleh PT. Intemedia Cipta Sarana melalui Anggaran APBN tahun 2013 ini.

Dalam sambutannya M. Nasir mengatakan kehadirannya di Kabupaten kepulauan Sangihe merupakan kunjungan kerja kedua dan merupakan kunjungan pertama di Provinsi Sulawesi Utara sejak dilantik menjadi menteri, dan dirinya merasa bangga berada di kepulauan Sangihe khusunya bisa hadir dalam peresmian Polnustar.

“Ini merupakan kunjungan kerja kedua saya setelah Aceh,” kata M Nasir.

Dikatakannya pula, melihat kondisi wilayah Sangihe memiliki potensi yang sangat besar khususnya di Dunia kebaharian dan Parawisata, sehingga kedepan Polnustar bisa menjadi kampus Bahari. Dan kalau itu terwujud maka Polnustar merupakan satu–satunya Kampus bahari yang ada di Indonesia.

“Kedepan kalau bisa Polnustar ini menjadi kampus Bahari,“ ungkapnya disambut tepuk tangan dari para dosen dan mahasiswa.

“Potensi sudah ada, tinggal infrastruktur  seperti Pelabuhan,  Cold Storage, Kapal penampung dan Pabrik Es yang memadai ditunjang dengan pemasaran yang baik, Kalau Sumber daya tentu Polnustar ini akan mampu melahirkan  SDM yang siap pakai,” ujar M Nasir.

Nasir memberikan harapan dimana dalam waktu dekat dirinya akan melakukan pertemuan dengan pihak Jepang, nantinya juga akan membicarakan potensi bahari yang ada di Sangihe sehingga investor Jepang akan datang langsung berinvestasi. (gun)