TAHUNA (BK): Kehadiran Menteri Riset Teknologi (Riset) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Prof Drs H Mohamad Nasir di Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar), Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, sempat memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Polnustar.

Sabtu (23/4/2016) sekitar pukul 12.30 sampai 13.30 Wita, di ruang Auditorium J Tatengkeng, dan dilanjutkan dengan tanya jawab. “Polnustar bisa menjadi kampus bahari yakni menjadi rujukan perguruan tinggi atau pilihan. Punya karakter khusus yakni daerah kepulauan, tentunya terfokus pada kebaharian,” ungkap Mohamad Nasir.

Lebih lanjut dijelaskan, ke depannya Polnustar menunjang pendidikan menjadi lebih baik dan tidak kalah dalam kompetisi. “Termasuk tenaga pengajar atau dosen, harus punya kompetensi. Kualitas yang didukung pengalaman sesuai bidang masing-masing,” tambahnya.

Ia menyatakan, bila sulit mendapatkan S2, maka bisa diterima S1, tapi kemudian disekolahkan. Terhadap peningkatan selanjutnya peran sektor pendidikan di Polnustar tentunya bisa mengurangi pengangguran.

Ditambahkan, dalam pelaksanaannya, saat membangun daerah pemerintah bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi (PT), salah satunya Polnustar. “Harapannya Polnustar makin maju dan punya kompetensi guna memenuhi kebutuhan di daerah,” tutup dia.